iqra'!! bil BISMILLAH...

Sabtu, 25 Agustus 2012

Ekstrim => NEGATIF

Dalam diri kita masing-masing ada kebaikan dan keburukan. Kita punya ciri khas yang positif dan ciri khas yang menghasilkan tanggapan negatif dari orang lain. Cukup sering ciri khas yang sama bisa merupakan plus minus, menurut tingkatannya, dan banyak positif kalau dibawa sampai keujung yang ekstrim menjadi negatif.
Kemampuan besar orang Sanguinis adalah berbicara, tapi kalau dibawa sampai kettitik yang ekstrim ia bisa saja terus-menerus berbicara, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.
Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis merupakan ciri khas yang jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ketitik ekstrim, dia jadi menyebabkan kesombongan, dan menekan perasaan orang lain. Bakat orang seperti ini sangat diperlukan dalam kepemimpinan, tetapi kalo dibawa sampai ketitik yang paling ekstrim, seorang Melankolis jadi sok berkuasa, mendominasi, dan manipulatif.

Baiknya, setelah mengenal segala aspek ini. kita dapat mengenali titik ekstrim itu, agar sedikit baiknya tidak merugikan diri kita sendiri terhadap "cacat" yang terkadang tidak disadari. Marilah kita masing-masing mempelajari diri sendiri secara realistis dan menemukan cacat kita sebelum terlambat.


Orang yang tidak mau dididik menjadi miskin dan hina; orang yang mengindahkan nasihat akan dihormati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar